Dugaan Pembocoran Dokumen Rahasia Kasus Korupsi Kementerian ESDM oleh Pimpinan KPK Terungkap

Wahyu EL


Dugaan adanya pembocoran dokumen rahasia terkait kasus korupsi di Kementerian ESDM yang dilakukan oleh pimpinan KPK semakin terkuak. Seorang mantan penyidik senior KPK, Novel Baswedan, mengungkapkan bahwa perilaku salah satu pimpinan KPK telah menjadi rahasia umum sebagai 'pembocor' operasi rahasia.

Informasi tersebut muncul dari sebuah cuitan di Twitter yang memaparkan bahwa seorang berinisial F di KPK tiba-tiba menghentikan ekspose perkara setelah mendengar informasi tentang penggeledahan di Kementerian ESDM. Pada tanggal 27 Maret 2023, dalam rapat, F sempat menghentikan ekspose setelah mendengar informasi tersebut dan bertanya kepada peserta rapat apakah benar ada penggeledahan yang dilakukan oleh KPK di Kementerian ESDM.

Cuitan tersebut juga menceritakan bahwa F sibuk bermain ponsel dan gusar karena mengetahui tim KPK menemukan dokumen yang berisi informasi rahasia kegiatan penyelidikan KPK saat melakukan penggeledahan di Kementerian ESDM. Dokumen tersebut berisi informasi agar seseorang berhati-hati dan melakukan antisipasi terhadap upaya penindakan oleh tim KPK. Dokumen itu diperoleh oleh seseorang berinisial M yang didapat dari F.

Novel Baswedan menyebut bahwa kejadian tersebut sudah menjadi rahasia umum di internal KPK dan sudah banyak pegawai penindakan di KPK yang bercerita kepadanya terkait hal tersebut. Para pegawai penindakan di KPK merasa marah mendengar adanya dugaan pembocoran dokumen rahasia tersebut, namun mereka tidak berani berbuat apa-apa karena khawatir akan berdampak terhadap yang bersangkutan.

Komentar